Jaringan Dasar

M. Adryan Aryawijaya
SMKN 2 BANJARMASIN

KONFIGURASI IP ADDRESS
Sebelum memulai untuk konfigurasi ip dengan teman kita harus mematikan dulu WiFi kita di Control Panel Network and Sharing Center Change adapter setting. Apabila kita sudah di Change adapter setting lalu klik pada gambar seperti dibawah ini.
C:\Users\Anjaaayyy\Pictures\tutorial win7\Screenshot_47.png
Keadaan Wireless Network Connection (WiFi) sudah mati (dissable).Lalu klik “Local Area Network” pada ujung kanan, setelah itu ikuti tata cara seperti dibawah ini
C:\Users\Anjaaayyy\Pictures\tutorial win7\Screenshot_11.png
Akan muncul gambar seperti ini lalu klik yang seperti dibawah ini, lalu klik OK
C:\Users\Anjaaayyy\Pictures\tutorial win7\Screenshot_48.png
Catatan: ip bisa diubah, apapun seperti kita mau nomornya sesuai kan no yang enak diketik dan mudah diingat.





MENGUJI KONEKTIVITAS MENGGUNAKAN PING
Pengertian ping disini bukan warna gan, tetapi ping ini adalah sebuah singkatan yaitu PING (Packet Internet Gopher) yang artinya sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Jadi ping kita disini memastikan kalau jaringan sudah masuk ataupun dibilang sukses terkonek, itu menurut saya. Untuk melakukan ping guna mengetahui konektivitas antar komputer apakah terhubung atau tidak, caranya cukup mudah, anda boleh buka command promt anda dengan cara pergi ke All tekan WIN + R dan ketikkan cmd dan tekan enter, lihat seperti gambar dibawah ini.

Catatan: apabila anda pilih gambar yang pertama maka anda tidak perlu lagi menekan tombol WIN + R, tetapi bila anda pilih gambar kedua anda perlu menekan WIN + R dan akan muncul gambar seperti ini.
Kemudian Ketik Ping 192.168.XXX.XXX (setelah ketik ping masukkan ip address anda yang anda sudah kondfigurasi di pengaturan sebelumnya) Lihat lah gambar dibawah ini. Jika ping anda sukses maka gambarnya akan seperti ini.



C:\Users\Anjaaayyy\Pictures\tutorial win7\Screenshot_53.png
Jika anda ingin memastikan ping anda jalan terus maka ketik seperti Ping 192.168.XX.X (ip addres anda) + -t. Lihatlah gambarnya.
C:\Users\Anjaaayyy\Pictures\tutorial win7\Screenshot_54.png
Gambar diatas membuktikan kalau ping anda sudah jalan dengan lancar ada pun siap menggunakan LAN.



SHARING FOLDER DAN FILE
Sharing folder lewat LAN bisa kita gunakan jika kita mendadak ketinggalan flashdisk(current). Disini saya menunjukkan saya men-sharing file keteman – teman.
Langkah peratama, misalkan kita ingin men sharing foto buka dulu “My Computer” setelah masuk kesana lalu ikuti langkah seperti gambar dibawah ini.
Maksud gambar diatas saya mendefinisikan untuk kalian supaya memilih file yang anda inginkan, mari kita lanjutkan gan...
Yang saya kotakkin itu merupakan file yang ingin saya share.





Gambar selanjutnya diatas merupakan langkah – langkah tahap pertama.
Langkah kedua, buka “Properties” lalu akan mucul seperti gambar dibawah ini lalu ikuti langkah langkah saya.

















Setelah muncul gambar itu akan lagi muncul digambar selanjutnya, dimana anda akan memilih keterbukaan file anda.
Kemudian klik “Share” sesuai urutan saya tadi lalu akan muncul gambar dimana bukti kalau file sudah terkirim atau tidak
Ini adalah bukti kalau file yang saya sharing keteman saya sudah terkirim gan.. hihi tahap ini sudah selesai dan ini dapat saya sampaikan tentang sharing folder dan file.
TAMBAHAN (tuh buktinya gan sudah berada di user Sharing saya)






CHATTING DENGAN LANCHAT
Jika anda lanchat tidak usah lagi untuk kesana kemari, tetapi jika belum maka download gan :v
Gambar diatas merupakan Aplikasi Lanchat, setelah itu masuk keaplikasi akan muncul gambar seperti ini, bila teman ente sudah terkonek juga maka gambarnya akan seperti dibawah ini (Anjaaayyy itu saya sendiri, sedangkan BlackProject itu teman ane)
Catatan: Pilihan anda ada dua untuk melakukan LANchat, diantaranya anda bisa menggunakan LAN bawaan dari PC/laptop anda, yang lainnya anda bisa menggunakan wifi/hotspot dari smartphone kalian.(sekarang udah ga jaman pake LAN lagi gan, sekarang  udah ada BBM,LINE,FACEBOOK,TWITTER,INSTAGRAM,WhatsAPP, Wechat dan lain-lain)

Kambali kepelajaran kita, sekarang jika anda sudah terkonek dengan teman anda maka lakukan lah chat/obrolan sepuasnya sampai kalian bosan :v ga rugi juga ko gan kalo pake LAN dari pada harus pake Sosmed yang tiap per-bulan harus beli kuota itu pun jika kalian hemat gan
Contoh ane sedang chat dengan temen ane.
C:\Users\Anjaaayyy\Pictures\tutorial win7\Screenshot_52.png
Ini merupakan gambar terakhir saya dan penjelasan saya, bila anda masih kurang paham maka hub saya di nomor dibawah ini.
Tambahan buat ente sekalian
Gambar yang saya maksudkan tadi. Oke makasih sudah memperhatikan.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM OPERASI (DEBIAN)

Keamanan Jaringan

SISTEM OPERASI (Ubuntu)