SISTEM OPERASI JARINGAN (Mikrotik RouterOS)

Mikrotik RouterOS



            Perkembangan Teknologi informasi tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi dan infrastruktur jaringan komputer. Teknologi informasi semakin berkembang kian pesat berkat dukungan jaringan komputer yang memadai. Contoh paling mudahnya adalah menjamurnya media sosial yang tidak bisa dipungkiri memiliki andil besar terhadap cepatnya informasi terkirim dari pusat informasi sampai ke penerima informasi. Kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi, bahkan melalui media ponsel sekalipun, hal ini dikarenakan fasilitas ponsel yang semakin canggih mendukung berbagai tipe jaringan akses data, dan infrastruktur jaringan tersebut kini sudah semakin baik pula juga tersedia di hampir seluruh daerah. 
           Banyak sekali komponen-komponen pada suatu jaringan komputer sehingga menciptakan infrastruktur jaringan yang bisa kita nikmati. Salah satu komponen jaringan komputer yang masuk kedalam komponen paling penting adalah router. Router sendiri berfungsi sebagai penghubung dan pengatur dua buah jaringan atau lebih guna meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router adalah sebuah perangkat komputer jaringan yang memiliki fungsi khusus sebagaimana disebutkan di atas. Sebagaimana halnya komputer lain, router juga berjalan di atas sebuah sistem operasi khusus. Salah satu sistem operasi router yang populer digunakan saat ini adalah Mikrotik RouterOS. 

Pengertian Mikrotik RouterOS
Mikrotik Router OS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.
Mikrotik dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. 

Sejarah singkat Mikrotik RouterOS
         Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Misi besar kedua orang tersebut mulai menemui titik terang setelah ada 5 konsumen di Latvia. Misi besar mereka adalah membuat suatu sistem operasi untuk router, bukan hanya membuat wireless ISP (WISP) seperti yang telah mereka lakukan pada awal sejarah mikrotik di atas.
       Lambat laut mimpi mereka terwujud dengan dibantu beberapa staf berjumlah 5-15 orang. Mereka mengembangkan OS Mikrotik untuk router tersebut menggunakan Linux, Linux dengan kernel 2.2 adalah yang mereka pergunakan pertama kali untuk membangun Mikrotik RouterOS. Dan hingga kini Mikrotik terus berkembang dan kepopulerannya ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna sistem operasi router Mikrotik di beberapa negara berkembang di dunia. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Versi terbaru dari Mikrotik RouterOS
Versi Terbaru dari mikrotik akan disebutkan dibawah ini:
- cAP lite
- OmniTIK 5 ac
- hAP ac lite tower

1. cAP lite 


           cAP lite adalah perangkat access point, sangat cocok untuk lokasi terbuka dan tempat tertentu seperti hotel, bandara, tempat berbelanja dan lain - lain. cAP lite mendukung 802.11b/g dan didukung dengan kekuatan ethernet. Sangat cocok menyatu dengan Mikrotik CAPsMAN (Controlled AP system manager), membolehkan kamu mengontrol semua perangkat AP dari satu lokasi.

- Spesifikasi Produk


- Spesifikasi Jaringan




2. OmniTIK 5 ac



            OmniTik 5 PoE ac memiliki lima port Gigabit Ethernet dan dukungan untuk 802.11ac. Ini dilengkapi dengan CPU 720MHz yang kuat, RAM 128MB, daya tinggi 1.300mW 802.11a / n / ac Dual Chain wireless (dukungan untuk AC dan kompatibel dengan 802.11a / n CPE biasa) dan hadir dengan desain baru di luar ruangan luar ruangan. Dua antena omni 7.5dBi 5GHz terintegrasi, catu daya, injeksi PoE dan kit pemasangan. Ini juga mendukung input atau output standar 802.3at / af PoE. Port Ethernet 2-5 dapat memberi daya pada perangkat berkemampuan PoE lainnya dengan voltase yang sama dengan yang diterapkan pada unit. Adaptor dan kabel daya yang kurang perlu dikhawatirkan! Ini bisa menyala pada / pada mode B (4,5 +) (7,8-) perangkat yang kompatibel.

- Spesifikasi Perangkat


- Spesifikasi Jaringan



3. hAP ac lite tower

         The hAP ac lite adalah Dual-concurrent Access Point, yang menyediakan cakupan Wifi untuk frekuensi 2.4GHz dan 5GHz pada saat yang bersamaan. Unit ini dilengkapi dengan CPU 650MHz, RAM 64MB, lima port Ethernet 10 / 100Mbps (output PoE pada port # 5), wireless nirkabel dual-chain 802.11b / g / n 2.4GHz, wireless 802.11ac 5GHz rantai tunggal, port USB untuk 3G / Modem 4G dan lisensi RouterOS L4.

- Spesifikasi Perangkat


- Spesifikasi Jaringan




Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik RouterOS

- Kelebihan Mikrotik RouterOS
            Mikrotik memiliki sebuah Operating System bila tidak salah disebut dengan RouterOs. Mikrotik yang dibangun dengan Core LINUX, yang menyebabkan produk Router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya seperti Cisco. Dari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan software winbox yang merupakan tempat setting administratornya. RouterOS Mikrotik juga dapat mendeteksi berbagai macam ethernet card (LAN CARD) dari berbagai vendor yang telah ada.

- Kekurangan Mikrotik RouterOS
             Untuk kekurangan dari Mikrotik ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal tidak seperti halnya dengan cisco yang sertifikasi nya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

Fungsi Mikrotik RouterOS
1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
4. Pembuatan PPPoE Server.
5. Billing Hotspot.
6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.

Fitur - Fitur pada Mikrotik RouterOS


Spesifikasi Minimum untuk menjalankan Sistem Operasi Mikrotik RouterOS
Spec Minimal
• CPU and motherboard - bisa pake P1 ampe P4, AMD, cyrix asal yang bukan multiprosesor
• RAM - minimum 32 MiB, maximum 1 GiB; 64 MiB atau lebih sangat dianjurkan, kalau
• mau sekalian dibuat proxy , dianjurkan 1GB... perbandingannya, 15MB di memori
• ada 1GB di proxy..
• HDD minimal 128MB parallel ATA atau Compact Flash, tidak dianjurkan
• menggunakan UFD, SCSI, apa lagi S-ATA Very Happy
• NIC 10/100 atau 100/1000

Untuk keperluan beban yang besar ( network yang kompleks, routing yang rumit dll)disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.


Mikrotik Academy
Dengan mempertimbangkan banyaknya permintaan Mikrotik bersertifikat, Mikrotik menawarkan kepada lembaga pendidikan sebuah program yakni MikroTik Academy. Mereka dapat memanfaatkan mikrotik sebagai sarana belajar mengajar.
- Jenis lembaga dapat menjadi Mikrotik Academy
Universitas • sekolah teknik • perguruan tinggi • sekolah kejuruan • lembaga lain yang memberi gelar akademis di  berbagai mata pelajaran 
- persyaratan
Motivasi dan sumber daya • Ruangan dan semua peralatan yang dibutuhkan untuk laboratorium •         Akses internet yang cepat • MikroTik Academy Trainer • materi pelatihan yang telah disetujui
- Manfaat bagi Siswa
Kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dasar dalam RouterOS dan MTCNA sertifikat selama studi akademik
- Manfaat bagi Institusi Pendidikan
Kesempatan untuk menarik lebih banyak siswa dengan menawarkan sertifikasi MikroTik
- Bagaimana menjadi Mikrotik Academy
Hubungi MikroTik Koordinator terdekat di tempat anda atau mengirim email ke training@mikrotik.com
Tawaran dari Mikrotik bagi institusi : • Mikrotik Outline Materi • Uji sertifikasi • Peralatan ( router RouterBOARD ) • Dukungan dan informasi
- Persyaratan untuk Academy Trainer
• Dosen/Instruktur di lembaga pendidikan • sertifikat MTCNA (skor minimal 75 % ) • Sertifikat Level Advance/Engineer ( MTCRE, MTCTCE, MTCUME, MTCWE ) (skor minimal  75 % )

Demikianlah informasi tentang Mikrotik RouterOS. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memperluas wawasan kita semua pada bidang keilmuan komputer dan jaringan komputer.

Komentar

  1. Pragmatic Play launches in India, UK, Philippines - JTM Hub
    Pragmatic Play 이천 출장마사지 Ltd has launched its first ever US online 충청북도 출장샵 casino in the country, the 상주 출장마사지 Indian website Pragmatic 아산 출장샵 Play 서귀포 출장마사지 Ltd.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM OPERASI (DEBIAN)

Keamanan Jaringan

SISTEM OPERASI (Ubuntu)