SISTEM OPERASI (Ubuntu)

UBUNTU

Varian sistem operasi Ubuntu untuk melayani kebutuhan komputasi skala server. Ubuntu server menyediakan platform yang terintegrasi dengan baik yang akan memudahkan melakukan deploy server dengan fasilitas layanan internet standar: mail, web, DNS, serving hingga manajemen database. Sebagai turunan dari distribusi Debian, karakter alami Ubuntu server yang diwariskan dari Debian adalah faktor keamanan "security". Ubuntu server tidak membiarkan keberadaan port yang terbuka setelah proses instalasi, dan hanya akan memuat software - software yang esensial dan dibutuhkan untuk membangun sebuah sistem server yang aman.


Pengertian Ubuntu
        Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan menjadi perangkat lunak sistem operasi yang bebas. Secara singkat dan jelasnya yaitu Ubuntu adalah sejenis sistem operasi yang bebasiskan Linux Debian. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
         Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.


Sejarah Singkat Ubuntu

        Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.

        Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS)[11] selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang dirilis pada April 2012 mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun[12]. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.

        Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian; Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu seringkali tidak cocok. Paket Debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di Ubuntu[14], begitu juga sebaliknya. Ubuntu bekerja sama dengan Debian untuk berusaha agar perubahan-perubahan sistem Ubuntu mengarah kembali ke Debian[15], namun hal ini hampir tak terlaksana. Penemu Debian, Ian Murdock, pernah berkata bahwa paket Ubuntu berpotensi mengarah terlalu jauh dari Debian[16]. Sebelum setiap rilis Ubuntu, paket-paket diambil dari paket tidak stabil Debian dan digabung dengan modifikasi Ubuntu. Sebulan sebelum perilisan, pengambilan paket dihentikan dan kerja selanjutnya adalah memastikan paket-paket yang sudah diambil bekerja dengan baik. 

        Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonical Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.

         Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.


Fungsi Ubuntu
* Ubuntu akan selalu bebas dari biaya apapun, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk "edisi enterprise", kami akan membuat semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah Bebas yang sama.
* Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan; rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
* Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kami juga bekerja sama dengan seluruh komunitas Perangkat Lunak Bebas dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode.
* Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas; untuk ini kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu

- Kelebihan dari Sistem operasi Ubuntu
1. Gratis dan bisa digunakan untuk banyak komputer.
2. Stabil, karena turunan dari Debian dan aman dari virus, worm, malware dan sejenisnya, walaupun tak memakai anti virus.
3. Bisa digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi hardware rendah, dikarenakan Ubuntu sangat ringan sehingga tak membebani kinerja komputer.
4. Kita bisa mencoba menggunakan Ubuntu tanpa perlu menginstalnya kedalam harddisk komputer, dengan menggunakan fitur Live CD pada Ubuntu melalui proses boot pada CD atau flashdisk saja.
5. Tersedia banyak aplikasi mulai dari aplikasi Office ( libreOffice, OpenOffice), browsing (Firefox, chromunium), multimedia (Rhythmbox, VLC player), grafik (GIMP, shotwell), game (linecity, hedgewar), edukasi/pendidikan (educational suite gcomprize, quran) dan berbagai Aplikasi lainnya yang sebagian besar diantaranya adalah gratis (free).
6. Driver kebanyakan telah ada di dalam CD, seperti LAN, Wifi, Audio, dan lain sebagainya sehingga tidak sulit bagi kita untuk melakukan instalasi.
7. Terdapatnya Ubuntu Software Center, dimana anda dapat mendownload berbagai aplikasi dan game dengan mudah.
8. Anda dibebaskan dan diperbolehkan untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan sesuka anda.
9. Terdapat lebih dari 55 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Sehingga memudahkan anda dalam menggunakan Ubuntu, jika anda tak mengerti bahasa Inggris.
10. Tampilan desktop yang keren dan menarik dengan Compiz fusion.
11. Aplikasi Windows tetap bisa dijalankan di Ubuntu menggunakan aplikasi yang bernama Wine (Windows Emulator).
12. Versi terbaru dari Ubuntu diliris tiap 6 bulan sekali.
13. File ISO Ubuntu bisa didapat dari banyak cara, melalui download, pesan, minta dari teman dan sebagai tanpa melanggar hukum pembajakan software.
14. Bisa di instal bersamaan dengan Windows.
15. Bisa di instal melalui Windows menggunakan bantuan aplikasi bernama pada Windows Wubi.
16. Keamanan (Security) yang lebih kuat dari pada Windows.
17. Multi Bahasa, banyak bahasa yang tersedia untuk pilihan.

- Kekurangan pada Sistem operasi Ubuntu
1. Belum user f riendly, dikarena sebagian besar pengguna Ubuntu berasal dari migrasi Windows dan lainnya.
2. Tak semua aplikasi windows anda kompatibel dengan wine sehingga aplikasi kegemaran anda mungkin tidak bisa digunakan di Ubuntu.
3. Sedikit dikucilkan dari teman ­teman dikarenakan sebagian besar dari mereka menggunakan Windows.
4. Tampilan grafis kurang menarik.
5. Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk ubuntu.


Fitur fitur yang ada pada Ubuntu
• Web browsing Ubuntu memiliki segala yang dibutuhkan untuk menelusuri web dengan cepat dan aman. Mozilla Firefox datang sebagai standar dan Anda dapat memilih browser alternatif seperti Google Chrome dari Pusat Ubuntu Software.

• aplikasi Office Ubuntu sangat kompatibel dengan Microsoft Office. Itu berarti Anda dapat membuka dan mengedit file seperti dokumen Word, Excel spreadsheet dan presentasi PowerPoint, dan membaginya dengan pengguna lainnya dengan cepat dan mudah.

• Sosial dan email Ubuntu dikemas dengan aplikasi untuk komunikasi cepat dan mudah. Dan dengan Thunderbird, Anda dapat mengakses email Anda, buku alamat dan kalender.

• Musik dan mobile Bermain, membuat dan mengedit MP3, streaming musik ke PC atau ponsel. Ubuntu punya semua yang anda butuhkan untuk mendengarkan musik.

• Foto dan video Ubuntu adalah penuh dengan aplikasi gratis untuk membantu Anda mengelola, mengedit dan berbagi foto dan video Anda dengan dunia, apa pun gadget yang Anda gunakan, dengan dukungan fantastis untuk kamera dan telepon, Anda tidak perlu driver tambahan.

• Ubuntu Software Centre Ubuntu Software Centre memberikan Anda akses cepat ke ribuan aplikasi gratis dan open source. Dan sekarang Anda dapat membeli aplikasi dari beberapa penyedia terkemuka juga. Semua perangkat lunak kami adalah mudah untuk menemukan dan menginstal sehingga Anda dapat memiliki desktop sesuai dengan yang anda inginkan dalam waktu singkat.

• Ubuntu Satu Ubuntu One adalah awan pribadi yang membawa kehidupan digital Anda bersama-sama. Sekarang Anda dapat sinkronisasi file Anda di semua Ubuntu Anda atau komputer Windows; mengakses kontak Anda atau catatan dari mana saja; atau aliran seluruh koleksi musik Anda ke ponsel Anda. Ubuntu Satu membantu Anda melakukan itu semua.


Rilis Ubuntu
          Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Angka pertama adalah tahun, angka kedua adalah bulan perilisan. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.

Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).

Peningkatan antara rilis harus dilakukan dari satu versi ke versi berikutnya (contoh: dari Ubuntu 11.04 ke Ubuntu 11.10). Namun, versi LTS dapat langsung ditingkatan ke versi LTS selanjutanya (contoh: dari Ubuntu 08.04 LTS ke 10.04 LTS).

Ubuntu 11.04 yang dirilis pada 28 April 2011 "Natty Narwhal" memiliki antarmuka yang sangat berbeda dari rilis-rilis Ubuntu sebelumnya. Ubuntu 11.04 memakai antarmuka Unity sebagai antarmuka grafis standar (GUI). Namun, masih dimungkinkan untuk kembali ke tampilan GNOME panel yang lama. Unity telah menerima banyak sekali kritik terutama dikarenakan pengembangan-nya yang mendadak sehingga masih belum sempurna. Namun, beberapa pengguna lain lebih memilih pendekatan Unity daripada desktop GNOME yang lama. Unity pada Ubuntu 11.10 telah disempurnakan kali ini dibangun dari platform GNOME 3.2 (Ubuntu 11.04 dibangun di platform GNOME 2) sehingga menghasilkan lebih sedikit masalah dan efek visual yang lebih baik.

Sejak perilisan Ubuntu 12.10, Ubuntu edisi Desktop tidak lagi dapat di instal melalui CD (700 MB), dibutuhkan DVD atau flash drive yang setidaknya mempunyai 1 GB ruang kosong. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari server-server yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.



Versi Terbaru dari Ubuntu
1. Xenial Xerus
2. Yakkety Yak

penjelasan dari masing - masing versi:
1. Xenial Xerus

Ubuntu 16.04 merupakan sistem operasi terbaru setelah ubuntu 15.10, sistem operasi terbaru ini dikembangkan oleh Canonical Ltd. sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Ubuntu. Ubuntu 16.04 ini dirilis pada bulan April 2016. Angka 16 menunjukkan tahun, sedang angka 4 merupakan bulan.
Sedangkan nama kodenya yaitu Xenial Xerus. Ubuntu memang kerap menggunakan nama hewan dengan huruf abjad berurutan sesuai versinya.
Fitur terbaru Ubuntu 16.04
  1. Ubuntu software Center diganti Ginome Software Center
  2. Ubuntu Searching Disable Secara Default
  3. Unity launcher bisa dipindahkan kebawah
  4. Unity 7.4 BUKAN unity 8
  5. Dukungan ZFS
  6. Paket Snap untuk aplikasi yang lebih baru dalam rilis LTS
  7. Tidak ada dukungan untuk driver Proprietary AMD/ATI Radeon
  8. Software upgrade dan baru 

2. Yakkety Yak

Ubuntu 16.10 merupakan sistem operasi terbaru setelah ubuntu 15.10, sistem operasi terbaru ini dikembangkan oleh Canonical Ltd.sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Ubuntu. Ubuntu 16.10 ini dirilis pada bulan April 2016. Angka 16 menunjukkan tahun, sedang angka 10 merupakan bulan.
Sedangkan nama kodenya yaitu Yakkety Yak. Ubuntu memang kerap menggunakan nama hewan dengan huruf abjad berurutan sesuai versinya.
Fitur terbaru Ubuntu 16.10
  1. Update Karnel terbaru 4.8
  2. Update software
      - Libre Office 5.2.2
      - Mozilla Firefox 49
      - Shotwell 0.22
      - GNOME Terminal 3.20
      - Thunder bird 45
      - Ubuntu Software 3.20
      - Rhtyhimbox 3.4.1
   3. Nautilus 3.20
   4. Perubahan pada GPH
   5. Unity 8 Developer Preview


Macam macam Ubuntu
1. Edubuntu

Edubuntu adalah distro linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa inggris education ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira­kira: "pendidikan untuk semua orang". edubuntu merupakan varian dari ubuntu. edubuntu lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server­workstation. edubuntu menggunakan software thin client ltsp, terminal komputer tanpa disk. desktop edubuntu sendiri masih menggunakan gnome dan gdm sebagai display managernya.software yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari software­software gnome dan kde, namun diutamakan software­software pendidikan untuk anak umur 6 hingga 18 tahun.

2. Kubuntu

kubuntu merupakan varian resmi dari ubuntu yang menggunakan kde sebagai lingkungan desktop nya, berbeda dengan ubuntu yang menggunakan gnome dan xubuntu yang menggunakan xfce sebagai lingkungan desktop nya. kubuntu didistribusikan secara gratis, kubuntu bisa didapatkan dengan cuma­cuma, baik melalui media unduh maupun shipit. kubuntu berasal dari bahasa bemba yang berarti "untuk keinsanan".

3. Xubuntu

xubuntu ialah sebuah distribusi linux dan varian resmi yang berbasiskan ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop xfce. xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah maupun mereka yang mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi. xubuntu dirilis setahun dua kali, mengikuti pola rilis ubuntu. xubuntu menggunakan nomor versi dan nama kode yang sama dengan ubuntu, memakai tahun dan bulan rilis sebagai nomor versi.

4. Lubuntu

lubuntu ialah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghasilkan suatu turunan resmi dari sistem operasi ubuntu yang "lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya danefisien energi", menggunakan lingkungan desktop lxde. desktop lxde menggunakan window manager openbox dan dimaksudkan untuk menjadi sistem yang rendah persyaratan, menggunakan ram sedikit untuk netbook, kendaraan beroda empate devices dan pc (komputer) tua. dalam tugas ini lubuntu akan bersaing dengan xubuntu. nama lubuntu ialah kombinasi dari lxde dan ubuntu. lxde ialah singkatan dari lightweight x11 desktop environment, sedang ubuntu berarti "perikeinsann terhadap sesama insan" dalam bahasa zulu dan bahasa xhosa.

5. Linux Mint

Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. Distribusi ini dibuat oleh Clement Lefebvre, dan dikembangkan secara aktif oleh tim dari Linux Mint maupun komunitas yang ada di dalamnya.

6. Ubuntu Server

ubuntu juga menyampaikan sistem operasi dalam edisi server . ubuntu 10.04 long term support ( lts ) rilis dijadwalkan untuk mendapatkan update terus hingga april 2015. dimulai dengan 12,04 dukungan dari varian desktop yang lts telah diperpanjang untuk mencocokkan 5 tahun dari server varian . dukungan jangka panjang termasuk update untuk mendukung fitur baru dari perangkat keras komputer terbaru , patch keamanan dan update ke ' ubuntu tumpukan ' ( infrastruktur komputasi awan ). ubuntu 10.04 server edition juga dapat berjalan pada vmware esx server , oracle virtualbox dan vm , citrix systems xenserver hypervisor , microsoft hyper ¬ v , qemu , berbasis kernel virtual machine , maupun lainnya pc emulator kompatibel ibm maupun virtualizer . ubuntu menggunakan apparmor modul keamanan untuk kernel linux yang diaktifkan secara default pada paket perangkat lunak kunci, dan firewall diperluas ke layanan yang umum digunakan oleh sistem operasi . rumah dan direktori swasta juga bisa dienkripsi . the 10.04 versi server mysql 5.1 meliputi , tomcat 6 , openjdk 6 , samba 3.4 , nagios 3 , php 5.3 , python 2.6 . banyak dari layanan yang hanya memakan waktu 30 menit untuk mengkonfigurasi . ubuntu 10.04 lts server mendukung dua arsitektur utama : intel x86 dan amd64 . edisi server menyediakan fitur mirip file / jasa cetak, web hosting , email hosting , dll. ada beberapa perbedaan antara ubuntu server edition dan ubuntu desktop edition walaupun keduanya menggunakan repositori apt yang sama . perbedaan utama antara dua edisi ialah kurangnya instalasi default lingkungan x window di edisi server , meskipun gui dapat diinstal mirip gnome maupun unity ( ubuntu 11.04 ) , kde ( kubuntu 11.04 ) , xfce ( xubuntu 11.04 ) , serta lebih sumber daya ekonomis gui mirip fluxbox , openbox dan blackbox . hingga ubuntu 10.10 , versi kernel yang berbeda. tapi dalam versi , hingga sekarang , tidak ada versi kernel yang berbeda lagi di server edition dan edisi desktop . edisi server menggunakan modus layar berbasis karakter interface untuk instalasi , bukannya proses instalasi grafis . ubuntu server juga dibagikan secara gratis. pengguna dapat memilih untuk membayar dukungan konsultasi dan teknis . sebuah kontrak dukungan tahunan dengan 9x5 mendukung urusan ekonomi jam ialah sekitar $ 750 per server , dan kontrak yang mencakup 24x7 lebih dari satu tahun biaya $ 1.200.

7. Ubuntu TV

ubuntu tv ialah sistem operasi smart tv yang dikembangkan oleh canonical, berdasarkan pada sistem operasi ubuntu dan menggunakan user interface unity hal ini dirancang untuk tv ruang tamu dengan menggunakan remote control. ubuntu tv ialah varian dari distribusi linux ubuntu yang dirancang khusus untuk embedded system diintegrasikan ke televisi. hal itu dihinggakan oleh canonical di ces 2012 dengan slogan "tv bagi insan". ubuntu tv ditunjukkan di kendaraan beroda empate world congress 2012. ubuntu untuk android akan menggunakan ubuntu antarmuka tv ketika terhubung ke tv. ubuntu tv akan didasarkan pada ubuntu 12.04, kebisaan untuk merekam dan memutar video, dvd¬video dan dukungan blu¬ray disc, sentuhan siap¬interface kebisaan untuk mengintegrasikan semua sistem penyiaran terestrial standar dan layanan juga satelit dan kabel, kebisaan untuk streaming musik, foto dan video dari pc ke tv dan software yang dirancang khusus untuk ubuntu tv.

8. Ubuntu Notebook Edition

ubuntu netbook edition ( une ) , yang dikenal sebagai ubuntu netbook remix ( unr ) sebelum rilis dari ubuntu 10.04 ialah versi ubuntu yang telah dioptimalkan untuk mebarangkalikan untuk bekerja lebih baik pada netbook dan perangkat lain dengan layar kecil maupun dengan atom cpu intel . une yang tersedia mulai dengan ubuntu release 8.04 ( " hardy heron " ) . une juga sistem operasi terinstal opsional ( os ) pada beberapa netbook mirip dell inspiron mini 10v dan nb100 toshiba , dan juga berlari pada model populer mirip acer aspire one dan asus eee pc . canonical , para pengembang ubuntu , yang bekerja sama dengan moblin proyek untuk memastikan meningkatkan secara optimal untuk kebutuhan perangkat keras yang lebih rendah dan hidup baterai yang lebih lama. dimulai dengan versi 10.10 , ubuntu netbook edition menggunakan desktop unity sebagai antarmuka desktop . antarmuka netbook klasik yang tersedia di repositori software ubuntu sebagai opsi.

9. Ubuntu for Android


ubuntu untuk android, ketika ini sedang dikembangkan, ialah varian bebas dan open source ubuntu dirancang untuk berjalan pada ponsel android. hal ini diharapkan untuk datang pre¬ 5/13/2017 1 Tweet loaded pada beberapa ponsel. sebuah ubuntu untuk android mock¬up ditunjukkan di kendaraan beroda empate world congress 2012. ubuntu dan android berjalan pada waktu yang sama pada perangkat kendaraan beroda empate, tanpa emulasi maupun virtualisasi, dan tanpa perlu reboot. hal ini dibarangkalikan alasannya ialah baik ubuntu dan android menyebarkan kernel yang sama (linux).

Macam macam dekstop Ubuntu
1. GNOME

Semenjak pertama dirilis hingga saat ini GNOME merupakan desktop environment standar Ubuntu (Unity berdiri di atas platform GNOME). GNOME merupakan salah satu desktop environment yang paling populer di Linux dan dipergunakan secara luas. Pada April 2011, GNOME memperkenalkan GNOME Shell, sebuah framework yang terfokus.

2.UNITY

Semenjak Ubuntu 11.04, Ubuntu telah menggunakan Unity sebagai Desktop Environment standarnya. Tidak seperti GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE; Unity bukan merupakan kumpulan software melainkan hanya desktop environment yang menggunakan gtk+ yang sudah ada, dan berjalan di atas platform GNOME. Pada awal peluncurannya di Ubuntu 11.04, Unity menuai kritik yang sangat banyak karena masih memiliki banyak masalah, sehingga pada awalnya banyak pengguna masih memilih untuk memilih GNOME. Namun semenjak Unity disempurnakan pada Ubuntu 11.10, Unity kini lebih bebas dari masalah, dan efek visualnya semakin bagus.

3. KDE

(K Desktop Environment) merupakan desktop environment standar pada Kubuntu. KDE terkenal dengan desktop plasma-nya.

4. Xfce


Xfce adalah proyek desktop environment yang tujuannya adalah menciptakan desktop yang membutuhkan sedikit sumber daya hardware. Namun kebutuhan sumber daya hardware Xfce masih lebih tinggi daripada LXDE. Xfce merupakan desktop environment standar Xubuntu.

5. LXDE

LXDE adalah proyek desktop environment yang bertujuan untuk membuat desktop yang cepat dan hemat energi. LXDE merupakan desktop environment standar Lubuntu.


Spesifikasi Minimum Ubuntu

Spesifikasi Minimum
Ubuntu dapat dijalankan dengan spesifikasi minimum hardware seperti di bawah ini, namun sistem akan berjalan dengan tidak maksimal.
- 300 MHz x86 processor
- 64 MB RAM
- Paling tidak 4 GB disk space (untuk full installation dan swap space)
- VGA graphics card dengan resolusi 640×480
- CD-ROM drive atau network card.

Spesifikasi Minimum yang Recomended
Ubuntu akan berjalan dengan normal pada komputer dengan spesifikasi minimum hardware seperti berikut ini. Namun fitur-fitur visual effect kemungkinan tidak akan berjalan dengan bagus.
- 700 MHz x86 processor
- 384 MB RAM
- 8 GB disk space
- Graphic card dengan resolusi 1024×768
- Sound card
- Koneksi internet

Demikian lah informasi tentang Ubuntu. Semoga dapat menambah wawasan dari sistem operasi linux. Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM OPERASI (DEBIAN)

Keamanan Jaringan